Halaman

Rabu, 19 Agustus 2020

MENGENAL KETUA IGI KABUPATEN PASURUAN

 Oleh: Dr. Marjuki, M.Pd. Ketua IGI Jawa Timur

Ummi Rohmatul Munifa MTsN 6 Pasuruan

Tanggal 18 Agustus 2020 mulai pukul 19.30 – 22.45 WIB, IGI Kabupaten Pasuruan telah membuat sejarah baru. Rapat yang dihadiri oleh 34 orang melalui daring Zoom Meeting berlangsung gayeng dan penuh kelakar keakraban. 

Rapat tidak hanya dihadiri oleh IGIers Kabupaten Pasuruan, melainkan Pengurus Wilayah IGI Jawa Timur (Marjuki, Joko Santoso, HIbatun Wafiroh, Endang Mulyani Putra, Siti Nurhasanah, Dwi Anggraeni, Tugi Hartono), Ketua IGI Pamekasan (Ali Mahbub), Ketua IGI Tulungagung (Eko Suprapto), Ketua IGI Surabaya (Cicik Sri Wulandari), Ketua IGI Kota Pasuruan (Anisah Anis), dan para anggota IGI Kabupaten Pasuruan dari unsur Dikbud, Kemenag, dan LP. Maarif NU. Jenjang pendidikan juga lengkap mulai PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK. Unsur Pendidik dan Tenaga Kependidikan ada unsur Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas.

Proses pemilihan ketua yang dipimpin pak Joko Santoso Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi, diawali dengan saling memperkenalkan diri mulai Ketua Wilayah IGI Jawa Timur, Pengurus Wlayah yang hadir, para Ketua IGI Daerah, dilanjutkan oleh semua anggota IGI Kabupaten Pasuruan yang hadir. Mereka memperkenalkan diri mulai nama, unit kerja, harapan IGI kabupaten Pasuruan ke depan. Mereka memaparkan dengan cepat singkat dan padat.

Perkenalan dipandang cukup, Ketua Wilayah IGI Jawa Timur, Dr. Marjuki, M.Pd. memberikan arahan bagimana memilih Kandidat Ketua dan kriteria yang dipilih. Masing-masing pemilih memilih dua nama kandidat. Pemilih dapat memilih dirinya dan orang lain, atau dua suara itu semua orang lain.

Pemilih memilih Kandidat yang memenuhi kriteria 3 M. M pertama adalah Mau. Mereka yang mau harus betul-betul siap menjadi Ketua dengan segala risiko, mau berjuang dalam kondiri apapun, dan mau berkorban untuk kemajuan IGI dan pendidikan di Kabupaten Pasuruan.

 

M kedua adalah Mampu. Mereka yang memiliki kemampuan, potensi dan Kompetensi. Para Pemilih melihat bagaimana cara berbicara, sistematikannya, hirarkhis, kromologis muatan yang disampaikan, dan apa yang disampaikan memenuhi bibit, bebet, serta bobotnya.

M ketiga adalah Mlaku. Mereka yang memiliki komitmen tinggi untuk menggerakkan IGI. Mereka diyakini banyak memiliki inovasi sehingga IGI dapat menjadi inspirasi dan wadah yang dapat menjadikan tempat beelajar bersama, tumbuh bersama, dan berbagi (Sharing and growing together).

Pemilihan kandidat berlangsung lancar dan diperoleh empat kandidat Ketua. Sebelum pemilihan Ketua dari empat Kandidat, masing-masing Kandidat menyampaikan komitmen dan visi misinya ke depan setelah terpilih. Hasil penyampaian komitmen dan visi misi Kandidat ternyata dua orang mundur, mempercayakan kepada Kandidat yang lain dan siap mem-back up siapapun yang terpilih.

Proses pemilihan Ketua dari dua Kandidat berlangsung seru. Pemilihan yang seru diperioleh suara yang terbanyak adalah ibu Ummi Rohmatul Munifa guru MTsN 6 Kabupaten Pasuruan. Bu Ummi Rohmatul Munifa disepakati sebagai Ketua IGI Kabupaten Pasuruan yang baru.

Sebenarnya siapa bu Ummi Rohmatul Munifa?

Sebenarnya bu Ummi Rohmarul Munifa merasa belum pantas menjadi Ketua IGI Kabupaten Pasuruan yang geografisnya begitu luas. Jarak antarkecamatan begitu jauh, bahkan jauh sekali. Perasaan masih anak kemarin sore, anak masih bau kencur tidak dapat dihindari. Para IGIers Kabupaten Pasuruan berpikir lain. Mereka  memperhatikan penyampaian visi misinya sangat meyakinkan. Pengalamannya tidak tertandingi. Penyampaian yang polos dan lugas membuat IGIers Pasuruan makin mantab.

Betapa tidak. Bu Ummi Rohmatul Munifa menjadi anggota IGI sejak mulai 2019 (kalau tidak salah, sambil kernyitkan dahinya) ... tapi jatuh hati ke IGI sudah lama.  Disambut tawa oleh peserta lain, geer. Beliau juga menjadi Instruktur VCT (Virtual Coor Team) Jatim  batch 4 dan batch 5. Bu Ummi juga Team Di VC GELORA JATIM (Afiliasinya SADAR IGI), juga tergabung di Team SADAR IGI COMMITEE bersama teman2 dari KELOR CSOC, SULTRA CERDAS, CASIO, LONTARA, MBB dan beberapa lainnya.  Sekarang juga aktif di kepanitiaan sekaligus Instruktur membina guru-guru di kegiatan PKO (Pelatihan Pengelolaan Kegiatan Online) kerja bareng MBB dan GTK MADRASAH KEMENAG RI.

Setelah menyaksikan pemaparannya yang sangat kuat untuk memajukan IGI dan pendidikan Kabupaten Pasuruan, para peserta langsung jatuh hati ke bu Ummi dan tidak mau ke hati yang lain. Selamat bu Ummi Rohmatul Munifa, guru MTsN 6 Pasuruan sebagai Ketua IGI Kabupaten Pasuruan. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam segala urusan. Aamiin.

 

2 komentar:

Luluk Ernawati mengatakan...

Alhamdulillaah, Selamat kepada Bu Ummi Rohmatul Munifa sebagai Ketua IGI Pasuruan. Selamat Berjuang.. Sukses Selalu.

Dein mengatakan...

Dwin - Selamat kepada Bu Ummi Rohmatul Munifa sebagai Ketua IGI Pasuruan.